Saturday, November 1, 2014

Resep Donat Kentang

Edit Posted by with No comments
Resep Donat Kentang dan Cara Mudah Membuatnya. Pasti teman teman atau keluarga menyukai kue yang berbentuk bundar seperti roda dengan lubang di tengahnya ini. Ya, Kue Donat merupakan salah satu makanan favorit keluarga di Indonesia. Tidak hanyak anak anak, orang dewasa pun banyak yang menjadi fans kue ini. Mungkin teman teman penasaran dengan Resep Donat JCO, Donat Dunkin atau merek merek terkenal yang lain, tetapi disini saya akan mengajak teman teman untuk belajar cara membuat Resep Donat Kentang Empuk Spesial yang tidak kalah kelezatan dan kelembutan teksturnya dengan berbagai merek yang terkenal tersebut.
Ya, sebenarnya ada berbagai macam variasi donat yang ada di masyrakat kita. Ada donat madu, donat mini, donat kampung atau donat donat yang mempunyai merek yang sudah cukup terkenal di atas. Pada intinya, semuanya mempunya cara membuat donat resep yang hampir sama. Perbedaanya disini hanya ada di berbagia bahan tambahan dan hiasan di atas kue donat tersebut. Dengan mengetahui cara membikin Resep Donat Kentang Enak yang benar, selain anda bisa dengan mudah membuat sendiri di rumah hal ini juga bisa dijadikan sebagai alternatif pemghasilan lho. Terutama kalau teman teman cukup kreatif untuk mencari ide ide baru untuk hiasan di atas donatnya. Siapa tahu suatu saat anda bisa menjadi juragan dan pemegang merek franchise sendiri.
Seperti Resep Donat Madu yang sudah pernah kami bawakan beberapa minggu lalu, Resep Donat Kentang Empuk ini juga di goreng dan menggunakan bahan baku Tepung terigu dan Telur (disamping kentang kukus). Selain itu beberapa tips untuk membuat donat supaya hasilnya sempurna dan empuk yang harus diperhatikan adalah saat proses pencampuran dengan air nya. Usahan mencampur air sedikit demi sedkit sambile tetap uleni sampai hasil jadinya pulen. Kalau terlalu banyak air hasil jadi adonan kue donatnya nanti akan encer atau kalau tidak pas nanti bisa bantat dan susah mengembang. Oke untuk lebih jelasnya silahkan menuju ke bawah.
Resep Donat Kentang Empuk
Resep Donat Kentang Empuk Enak

Bahan bahan Resep Donat Kentang yang Empuk

  1. Beli kentang yang mutunya bagus. Kukus dan haluskan sebanyak 200 gram.
  2. 50 Gram Gula Pasir Putih yang bersih. Usahan untuk tidak memakai gula pasir kuning karena akan mengakibatkan rasanya sedikit berbeda.
  3. 500 Gram Tepung Terigu yang biasanya untuk bahan pembuat donat dan mempunya kadar protein tinggi. Jangan gunakan Tepung dengan kadar protein sedang atau rendah.
  4. Susus bubuk (merek sesuai selera) sebanyak 1 sendok besar atau sendok makan.
  5. Garam dapur yang beryodium sebanyak satu sendok kecil.
  6. 500 gram Margarin
  7. Pengembang kue atau biasa dikenal juga dengan nama Fermipan sebanyak 11 gram.
  8. Telur Ayam sebanyak 1 butir. Pecahkan dan ambil kuning telurnya saja.
  9. Air matang secukupnya.

Cara mudah membuat Resep Kue Donat Kentang Spesial

  1. Masukkan dan campurkan 500 gram Tepung Terigu dan susu bubuknya. Ayak sampai halus.
  2. Ambil wadah yang cukup besar. Masukkan 200 gram kentang kukusnya, 50 gram gula pasir, sedkit garam dan fermipannya. Campur dan aduk semua bahan sampai tercampur sempurna.
  3. Masukkan campuran tepung dan susu bubuk yang sudah di ayak di atas ke dalam wadak besar tadi. Campur semua bahan sampai rata.
  4. Tuang air sedikit demi sedikit ke dalam adonan tadi sambil tetap di aduk supaya tidak ada adonan yang mengumpal. Ulangi sampai adonan pulen.
  5. Masukkan mentega dan aduk lagi menggunakan tangan (di uleni) sampai rata.
  6. Masukkan kuning telurnya dan aduk kembali sampai semua bahan tercampur sempurna dan kalis. Tutupi wadah adonan dengan kain bersih selama kurang lebih 30 menit.
  7. Ambil sedikit adonan yang sudah mengembang tadi. Bentuk adonan menjadi bundar dengan lubang di tengahnya seperti bentuk ban. Ulangi sampai semua bahan habis. Diamkan lagi selama kurang lebih 15 sampai 20 menit.
  8. Goreng adonan dengan minyak yang banyak dan panas. Goreng sebentar sampai warna kulit luarnya kuning kecoklatan. Gunakan supit dan putar di tengah adonan tadi supaya hasilnya benar benar bundar seperti ban.
  9. Setelah dingin, anda bisa memberi gula bubuk untuk lebih praktisnya atau mengolesi resep donat kentang ini dengan selai kacang coklat atau selai strawbery. Sebelum di olesi lamuri dulu dengan mentega supaya bahan hiasan donat melekat di kulit luarnya.
Oke selesai sudah cara membuat Resep Donat Kentang Enak Spesial nya. Anda bisa berkreasi dengan menambahkan toping yang lain, seperti tiramisu, coklat leleh, kacang atau yang lainnya. Yang harus diperhatikan untuk membuat donat yang benar adalah proses penutupan adonan menggunakan kain bersih dan cara menggoreng di atas supaya Kue Donat kentangnya berbentuk bundar sempurna dan tidak ada benjolan benjolan. Untuk ide maskan kue yang lain, silahkan mencoba Resep Kue Donat Madu Bandung kami atau Resep Kastengel yang Enak untuk persiapan Lebaran nanti.

sumber :  resepcaramemasak
Donat merupakan jenis makanan ringan yang disukai oleh banyak orang, dari kalangan anak-anak hingga orang tua. Donat sekarang sudah mempunyai banyak pilihan rasa, entah itu rasa di toppingnya saja ataupun rasa pada kue nya, misalnya kue donat kentang, Buat kalian yang sudah tau cara membuat kue donat mungkin mudah mengikuti resep dan cara membuat donat kentang berikut. Fungsi dari kentang sendiri disini berguna untuk membuat tekstur donat lebih lembut dan lebih empuk pastinya.
Bahan-bahan Membuat Donat Kentang :
  • tepung terigu protein tinggi 500 gr
  • kentang, kukus dan haluskan 200 gr
  • fermipan 11 gr
  • gula pasir 50 gr
  • susu bubuk 1 sdm
  • garam 1 sdt
  • air es 200 ml
  • telur ayam 1 butir
  • margarin 50 gr
cara membuat donat kentang

  1. Campur terigu, kentang, fermipan, gula pasir, susu bubuk dan garam
  2. Aduk rata dan tuangkan air es sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai tercampur rata
  3. Masukkan telur dan margarin. Uleni adonan sampai kalis elastis
  4. Bulatkan adonan dan diamkan selama 50 menit dan adonan mengembang 2x lipat dari besarnya adonan semula.
  5. Kempiskan adonan dan timbang masing-masing seberat 30 gr.
  6. Bentuk adonan yang telah ditimbang menjadi bentuk bulat seperti bola
  7. Giling tipis adonan dan cetak dengan cetakan donat sesuai selera atau cukup lubangi bagian tengah adonan yang telah di bulatkan
  8. Diamkan adonan selama 20 menit
  9. Panaskan minyak dan goreng donat sampai matang dan berwarna kecoklatan
  10. Angkat dari atas wajan, tiriskan, dan tunggu sampai dingin baru kemudian diberi hiasan untuk toppingnya

Info dan Tips dalam Membuat Donat Kentang Empuk
  • Gunakan blender untuk menghaluskan kentang
  • Tunggu sampai kentang halus benar-benar dingin, kemudian campurkan kentang halus ke dalam adonan.
  • Pada saat proses proofing, diamkan adonan dalam wadah baskom dan tutup permukaan baskom dengan serbet bersih yang basah. Atau bisa juga dengan cara memasukkan adonan ke dalam oven yang mati dan tutup pintu oven sampai adonan mengembang sempurna
  • Gunakan minyak padat dalam menggoreng donat atau bisa juga menambahkan 2 sdm mentega putih ke dalam minyak panas supaya donat tidak banyak menyerap minyak
  • Jangan gunakan api yang besar karena bisa membuat gosong, padahal bagian dalam donat belum matang sempurna
Demikian resep dan juga cara membuat donat kentang dengan langkah yang sangat mudah serta beberapa tips yang bisa membantu Anda membuat donat yang cantik dan nikmat. Sehingga kue donat tersebut akan memiliki cita rasa lezat serta memiliki tekstur yang sangat empuk sekali. Anda bisa mencobanya di rumah untuk camilan keluarga ketika sore maupun malam hari. Selamat mencoba dan semoga hasilnya disukai keluarga di rumah Anda.
- See more at: http://caramembuat123.blogspot.com/2014/03/cara-membuat-donat-kentang.html#sthash.hCBOU1Vr.dpuf

0 comments:

Post a Comment